Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS IPS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS VI (ENAM) KURIKULUM 2013

 
 
Berikut ini adalah soal penilaian tengah semester (PTS) Genap, bagi anak-anak kelas VI selamat mengerjakan :
 

SEKOLAH DASAR NEGERI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GENAP
TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 
 
Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester   : VI (Enam) / 2
Waktu                   : 90 menit
Tanggal                : . . . Maret 2021
 
 

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Berikut ini yang merupakan contoh bentuk partisipasi pelajar dalam menjaga keutuhan NKRI adalah ....
a. menjauhi teman yang nakal
b. menaati tata tertib sekolah
c. bekerja sama dalam mengerjakan ulangan
d. membantu teman agar dipuji guru
 
Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !!
  1. Memilih teman hanya dari yang satu daerah sÄ…ja.
  2. Mengejek budaya daerah lain.
  3. Berkelahi dengan teman beda suku.
  4. Berteman dengan orang dari daerah manapun.
2. Contoh sikap yang mencerminkan cinta NKRI ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
 
3. Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dan terus berkembang dengan baik jika seluruh warga negara Indonesia.....
a. bersatu dan bergotong royong
b. beradu pendapat dan selalu berdebat
c. berlomba dan memicu konflik
d. bergotong royong memberontak
 
4. Arti penting kemerdekaan bagi suatu bangsa adalah ....
a. bebas dari penjajah dan kebebasan mengatur negara sendiri
b. tidak lagi bekerja sama dengan negara lain dan penjajah
c. tidak lagi berhubungan dengan negara mana pun
d. penghapusan semua pengaruh dari penjajah
 
5. Sikap kita sebagai siswa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan adalah .
a. berperang melawan negara lain
b. belajar dengan sungguh-sungguh
c. berkelahi dengan teman
d. melawan para wisatawan asing
 
 
6. Di bawah ini yang bukan merupakan sikap pahlawan yang harus diteladani adalah ....
a. bersatu padu dalam meraih kemerdekaan
b. rela mengorbankan harta, jiwa, dan raga demi bangsa
c. berjuang tanpa pamrih
d. berkelahi dengan orang asing
 
7. Kemerdekaan bangsa Indonesia didapat dari .....
a. bonus dari negara Sekutu
b. perjuangan bangsa sendiri
c. hadiah negara lain
d. kenang-kenangan Jepang
 
8. Tokoh yang menjadi penengah antara golongan tua dengan golongan muda pada peristiwa Rengasdengklok adalah ....
a. Muh. Yamin      
b. Ahmad Soebardjo
c. Yusuf Kunto      
d. Soepomo
 
9. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan makna Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah ....
a. Bangsa Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri
b. Negara Indonesia dapat menggunakan kekuatan militer untuk menyerang negara lain.
c. Rakyat Indonesia mendapat jaminan kesejahteraan dari badan-badan internasional.
d. Bangsa Indonesia dapat bepergian ke negara lain tanpa membayar upeti.
 
10. Sikap yang dapat kamu lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dalam
memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini adalah ....
a. belajar dengan rajin
b. berkelahi dengan teman
c. menolak kedatangan turis
d. berperang melawan negara lain
 
 
11. Rakyat Indonesia harus membangun rasa kebersamaan dan menjadikan perbedaan sebagai
sumber ....
a. kekacauan
b. permusuhan
c. perpecahan       
d. kekuatan bersama
 
12. Ketahanan suatu bangsa dapat terjaga apabila masing-masing warga negara ....
a. membuat pagar rumah yang tinggi
b. menutup semua pintu rumah
c. mematuhi dan melaksanakan peraturan yang ada
d. berbuat sesuai dengan keinginannya
 
 
13. Patuh terhadap tata tertib di sekolah terlihat dalam perilaku ....
a. menggunakan pakaian seragam sesuai yang ditetapkan
b. melaksanakan tugas piket saat disuruh oleh guru
c. bermain di dalam ruang kelas saat jam istirahat
d. datang ke sekolah tepat waktu pelajaran dimulai
 
14. Salah satu bentuk partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara, yaitu rasa memiliki negara yang dibuktikan dengan perilaku ....
a. Ingin menguasai proyek-proyek vital
b. berjuang keras agar orang lain tunduk
c. ikut membina dan melestarikan alam sekitar
d. berusaha keras agar menduduki jabatan yang penting
 
15. Kita sebagai siswa harus dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan ....
a. menyerang negara penjajah
b. menghancurkan negara lain
c. melawan negara lain
d. belajar dengan tekun
 
 
16. Salah satu tujuan yang harus dicapai Negara Indonesia adalah ....
a. menjadi negara adikuasa
b. memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia
c. memajukan militer
d. memajukan ibu kota
 
17. Salah satu bentuk upaya yang dapat ditempuh untuk mewujudkan masyarakat sejahtera berupa ....
a. mengembangkan sikap saling toleransi antarwarga negara
b. merasa paling benar
c. sering demonstrasi
d. membeli barang impor
 
18. Berikut ini bukan merupakan cara menghargai jasa-jasa para pahlawan adalah ....
a. bersuka ria menikmati kemerdekaan
b. melanjutkan perjuangan pahlawan
c. mewarisi semangat juang
d. mendoakan amal perbuatannya
 
19. Sikap berikut ini yang tidak menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam mengisi kemerdekaan adalah ....
a. rajin belajar      
b. menikmati masa muda dengan senang-senang
c. mencintai kebudayaan nasional
d. menggunakan produk-produk dalam negeri
 
20. Salah satu kegiatan positif oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan di sekolah, yaitu ....
a. membantu pekerjaan rumah sehari-hari
b. upacara dengan disiplin
c. melaksanakan jam wajib belajar
d. menunjukkan perilaku diam dan disiplin



II. Isilah titik-titik pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!

  1. Setelah Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan oleh Ir. Soekarno maka bangsa Indonesia menjadi negara?
  2. Salah satu kunci keberhasilan perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah?
  3. Untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan, tanggal 17 Agustus diadakan?
  4. Tujuan para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok adalah?
  5. Perasaan rakyat Indonesia ketika mendengar berita proklamasi adalah?
  6. Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada?
  7. Menggunakan barang buatan pengrajin lokal menunjukkan sikap?
  8. Kemerdekaan Indonesia dapat terwujud karena adanya?
  9. Seorang pelajar dapat mengisi kemerdekaan dengan?
  10. Demokrasi adalah prinsip yang digunakan untuk mengatasi?
  11. Makna Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 adalah?
  12. Untuk menghargai jasa para pahlawan saat upacara bendera kamu harus bersikap?
  13. )Agar terjalin persatuan dan kesatuan di antara warga masyarakat yang beraneka ragam, maka diperlukan sikap?
  14. Menurut Pasal 33 UUD 1945, cabang-cabang produksi yang penting dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh?
  15. Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera telah tercantum dalam?



 
Terimakasih, Selamat mengerjakan !!!

Post a Comment for "Soal PTS IPS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013"