Soal PTS IPS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)KELAS VI (ENAM) KURIKULUM 2013
SEKOLAH DASAR NEGERIPENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GENAPTAHUN PELAJARAN 2020/2021
Kelas/ Semester : VI (Enam) / 2
Waktu : 90 menit
Tanggal : . . . Maret 2021
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Berikut ini yang merupakan contoh bentuk partisipasi pelajar dalam menjaga keutuhan NKRI adalah ....a. menjauhi teman yang nakal
b. menaati tata tertib sekolah
c. bekerja sama dalam mengerjakan ulangan
d. membantu teman agar dipuji guru
- Memilih teman hanya dari yang satu daerah sÄ…ja.
- Mengejek budaya daerah lain.
- Berkelahi dengan teman beda suku.
- Berteman dengan orang dari daerah manapun.
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
a. bersatu dan bergotong royong
b. beradu pendapat dan selalu berdebat
c. berlomba dan memicu konflik
d. bergotong royong memberontak
a. bebas dari penjajah dan kebebasan mengatur negara sendiri
b. tidak lagi bekerja sama dengan negara lain dan penjajah
c. tidak lagi berhubungan dengan negara mana pun
d. penghapusan semua pengaruh dari penjajah
a. berperang melawan negara lain
b. belajar dengan sungguh-sungguh
c. berkelahi dengan teman
d. melawan para wisatawan asing
a. bersatu padu dalam meraih kemerdekaan
b. rela mengorbankan harta, jiwa, dan raga demi bangsa
c. berjuang tanpa pamrih
d. berkelahi dengan orang asing
a. bonus dari negara Sekutu
b. perjuangan bangsa sendiri
c. hadiah negara lain
d. kenang-kenangan Jepang
a. Muh. Yamin
b. Ahmad Soebardjo
c. Yusuf Kunto
d. Soepomo
a. Bangsa Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri
b. Negara Indonesia dapat menggunakan kekuatan militer untuk menyerang negara lain.
c. Rakyat Indonesia mendapat jaminan kesejahteraan dari badan-badan internasional.
d. Bangsa Indonesia dapat bepergian ke negara lain tanpa membayar upeti.
memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini adalah ....
a. belajar dengan rajin
b. berkelahi dengan teman
c. menolak kedatangan turis
d. berperang melawan negara lain
sumber ....
a. kekacauan
b. permusuhan
c. perpecahan
d. kekuatan bersama
a. membuat pagar rumah yang tinggi
b. menutup semua pintu rumah
c. mematuhi dan melaksanakan peraturan yang ada
d. berbuat sesuai dengan keinginannya
a. menggunakan pakaian seragam sesuai yang ditetapkan
b. melaksanakan tugas piket saat disuruh oleh guru
c. bermain di dalam ruang kelas saat jam istirahat
d. datang ke sekolah tepat waktu pelajaran dimulai
a. Ingin menguasai proyek-proyek vital
b. berjuang keras agar orang lain tunduk
c. ikut membina dan melestarikan alam sekitar
d. berusaha keras agar menduduki jabatan yang penting
a. menyerang negara penjajah
b. menghancurkan negara lain
c. melawan negara lain
d. belajar dengan tekun
a. menjadi negara adikuasa
b. memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia
c. memajukan militer
d. memajukan ibu kota
a. mengembangkan sikap saling toleransi antarwarga negara
b. merasa paling benar
c. sering demonstrasi
d. membeli barang impor
a. bersuka ria menikmati kemerdekaan
b. melanjutkan perjuangan pahlawan
c. mewarisi semangat juang
d. mendoakan amal perbuatannya
a. rajin belajar
b. menikmati masa muda dengan senang-senang
c. mencintai kebudayaan nasional
d. menggunakan produk-produk dalam negeri
a. membantu pekerjaan rumah sehari-hari
b. upacara dengan disiplin
c. melaksanakan jam wajib belajar
d. menunjukkan perilaku diam dan disiplin
II. Isilah titik-titik pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!
- Setelah Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan oleh Ir. Soekarno maka bangsa Indonesia menjadi negara?
- Salah satu kunci keberhasilan perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah?
- Untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan, tanggal 17 Agustus diadakan?
- Tujuan para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok adalah?
- Perasaan rakyat Indonesia ketika mendengar berita proklamasi adalah?
- Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada?
- Menggunakan barang buatan pengrajin lokal menunjukkan sikap?
- Kemerdekaan Indonesia dapat terwujud karena adanya?
- Seorang pelajar dapat mengisi kemerdekaan dengan?
- Demokrasi adalah prinsip yang digunakan untuk mengatasi?
- Makna Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 adalah?
- Untuk menghargai jasa para pahlawan saat upacara bendera kamu harus bersikap?
- )Agar terjalin persatuan dan kesatuan di antara warga masyarakat yang beraneka ragam, maka diperlukan sikap?
- Menurut Pasal 33 UUD 1945, cabang-cabang produksi yang penting dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh?
- Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera telah tercantum dalam?
Terimakasih, Selamat mengerjakan !!!
Post a Comment for "Soal PTS IPS Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013"