Contoh Soal PAS/UAS Ganjil Mapel PKn Kelas X SMA/SMK
Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan
berbagi Contoh Soal PAS Ganjil Mata Pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan untuk kelas 10 SMA/SMK/MA,
berikut materinya yang sengaja admin tuliskan :
1. Berikut ini yang bukan hal terpenting yang
dapat membedakan antara manusia dengan makhluk lain
guna mempertinggi kualitas hidupnya adalah....
a. Intuisi
b. Akal
c. Pikiran
d. Perasaan
e. Keyakinan
2. Suatu bangsa terbentuk karena adanya suatu
persamaan, satu karakter, satu watak, dimana karakter atau watak itu lahir dan
tumbuh dari kesatuan pengalaman. Pendapat tersebut dikemukakan....
a. Aristoteles
b. Hans kohn
c. Otto Bauer
d. Karl Renner
e. Ernest Renan
3. Diantara unsur-unsur pembentuk Negara,
unsur yang termasuk unsur deklaratif adalah....
a. Rakyat
b. Wilayah
c. Konstitusi
d. Pengakuan dari Negara lain
e. Pemerintahan yang berdaulat
4. Wilayah laut suatu Negara yang lebarnya
200 mil ke laut bebas disebut....
a. Laut territorial
b. Zona bersebelahan
c. Zona ekonomi ekslusif (ZEE)
d. Landasan kontinen
e. Landasan benua
5. Urutan tahap pertumbuhan suatu Negara
secara primer adalah....
a. Kerajaan – suku – Negara demokrasi – Negara nasional
b. Kerajaan – suku – Negara nasional – Negara demokrasi
c. Suku – kerajaan – Negara demokrasi – Negara nasional
d. Suku – kerajaan – Negara nasional – Negara demokrasi
e. Suku – Negara nasional – kerajaan – Negara demokrasi
6. Ciri khas dari Negara kesatuan adalah....
a. Kepala Negara dipilih dari rakyat dan bertanggung jawab kepada rakyat
b. Kepala Negara memiliki hak veto
c. Tiap propinsi memiliki undang-undang dasar sendiri
d. Negara tidak berdaulat
e. Negara memiliki satu UUD, kepala Negara, dewan menteri dan DPR
7. India merupakan salah satu Negara di Asia
yang berbentuk....
a. Kesatuan
b. Serikat
c. Kerajaan
d. protektorat
e. Mandat
8. Di bawah ini yang bukan merupakan fungsi
umum Negara dalam mengatur kehidupan Negara adalah....
a. Melaksanakan penertiban
b. Mengusahakan kesejahteraan
c. Pertahanan
d. Menegakkan keadilan
e. Mencapai kekuasaan
9. Negara merupakan organisasi yang terbentuk
atas dasar kehendak suatu golongan. Hal ini pendapat dari....
a. R. Djoko Soetono
b. Mr. Kranenburg
c. Mr. Soenarko
d. George Jellinek
e. George Wilhilm
10. Teori tujuan Negara yang tidak hanya
menjamin hak dan kebebasan warga negaranya tetapi juga mengusahakan
kesejahteraan rakyat dikemukakan oleh....
a. Mr. Kranenburg
b. John Locke
c. Immanuel Kant
d. Machiavelli
e. Thomas Hobbes
11. Suatu paham tentang teori tujuan Negara
yang menentang kemutlakan milik pribadi dan menyokang pemakaian milik tersebut
untuk kesejahteraan rakyat, adalah teori....
a. Sosialisme
b. Fasisme
c. Integralistik
d. Kapitalisme
e. Komunisme
12. Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
tercantum dalam....
a. Alinea II Pembukaan UUD 1945
b. Alinea IV Pembukaan UUD 1945
c. Tap MPR No IV/MPR/1999
d. Tap MPR No IV/MPR/2001
e. RPJM Nasional 2004-2009
13. Upaya-upaya yang dapat kita lakukan
sebagai rasa cinta tanah air adalah....
a. Menikmati hasil pembangunan dengan baik
b. Menuntut kewajiban setelah melaksanakan hak
c. Menerima kegagalan sebagai nasib yang buruk
d. Ikut memelihara prasarana sekolah dengan baik
e. Membela kawannya yang mendapat hukuman
14. Berikut ini yang bukan termasuk unsure-unsur
hukum adalah....
a. Peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan di masyarakat
b. Peraturan itu diadakan oleh badan hukum resmi yang berwajib
c. Peraturan tersebut bersifat memaksa dan mengikat
d. Sanksi terhadap pelanggaran tersebut adalah tegas
e. Peraturan tersebut dibuat oleh masyarakat setempat
15. Tujuan hukum adalah mengadakan tata
tertib dalam pergaulan manusia sehingga keamanan dan ketertiban terpelihara.
Pernyataan tersebut diungkapkan oleh....
a. H.T. Simorangkir, SH
b. Aristoteles
c. S.M Amin, SH
d. Woerjono Sastropranoto, SH
e. Van Apeldoorn
16. Hukum yurisprudensi merupakan hukum yang
terbentuk dari putusan pengadilan. Hukum tersebut termasuk salah satu jenis
hukum yang digolongkan berdasarkan....
a. Sumbernya
b. Bentuknya
c. Isinya
d. Masa berlakunya
e. Tempat berlakunya
17. Perjanjian yang dibuat oleh dua Negara
atau lebih mengenai persoalan-persoalan tertentu yang menjadi kepentingan
Negara yang bersangkutan, merupakan salah satu sumber hukum yang disebut dengan....
a. Doktrin
b. Undang-Undang
c. Traktat
d. Kebiasaan
e. Yurisprudensi
18. Hukum yang mengatur hubungan antar Negara
dengan alat-alat penangkapan Negara atau hubungan antar Negara dengan warga
Negara dinamakan hukum....
a. Acara Perdata
b. Publik
c. Undang-Undang
d. Privat
e. Acara Pidana
19. Hukum yang berlaku untuk masa yang akan
datang disebut....
a. Hukum masa depan
b. Ius constitutum
c. Hukum waktu ke waktu
d. Ius constituendum
e. hukum antar waktu
20. Berikut ini yang bukan merupakan
badan-badan peradilan yang berdasarkan pasal 2 UU No.4 Tahun 2004 tentang
kekuasaan kehakiman adalah....
a. Peradilan Militer
b. Peradilan Umum c. Peradilan Tata Usaha Negara
d. Peradilan Masyarakat
e. Peradilan Agama
21. Pengadilan yang memeriksa dan memutuskan
perkara pada tingkat banding adalah....
a. Pengadilan Negeri
b. Mahkamah Konstitusi
c. Pengadilan Tinggi
d. Komisi Yudisial
e. Mahkamah Agung
22. Daerah hukum Peradilan Negeri adalah
wilayah....
a. Kewedanaan
b. Kecamatan
c. Keresidenan
d. Kabupaten/kota
e. Propinsi
23. Alat penegak hukum yang bertugas menuntut
perkara di pengadilan umum adalah....
a. Hakim
b. Jaksa
c. Polisi
d. Juru sita
e. Pembela
24. lembaga yang berwenang mengadili masalah
sengketa hasil pemilu nasional adalah....
a. Mahkamah Agung
b. Pengadilan Tinggi
c. KPU (Komisi Pemilihan Umum)
d. Pengadilan Negeri
e. Mahkamah Konstitusi
25. Seseorang yang diminta keterangannya
karena ia mengetahui, mendengar dan melihat adanya suatu tindak pelanggaran
hukum disebut....
a. Tersangka
b. Pembela
c. Terdakwa
d. Penyidik
e. Saksi
26. Salah satu contoh perbuatan main hakim
sendiri yaitu....
a. Menuntut orang yang melanggar hukum
b. Tidak mau menjadi saksi di pengadilan
c. Mengeroyok pencopet yang tertangkap supaya jera
d. Menangkap pencuri dan menyerahkan ke polisi
e. Melaporkan orang yang melanggar hukum
27. Contoh sikap yang tidak sesuai dengan
hukum adalah....
a. Siap menjadi saksi
b. Menjaga ketertiban bersama e. Tidak membuat keributan
c. Tidak main hakim sendiri
d. Memberikan kesaksian palsu
d. Memberikan kesaksian palsu
28. Setiap orang diperlakukan sama dihadapan
hukum. Hal ini menunjukkan adanya....
a. Kepastian hukum
b. Manfaat hukum
c. Ketertiban hukum
d. Fungsi hukum
e. Kesamaan hukum
29. Salah satu jenis hukuman pokok yang
terdapat dalam pasal 10 KUHP adalah....
a. Perampasan barang
b. Penjara
c. Pencabutan jabatan
d. Pancabutan hak-hak tertentu
e. Ganti kerugian
30. Di bawah ini yang bukan Hak dan kewajiban
yang dilindungi dan diatur oleh hukum adalah....
a. Diri dan keluarga
b. Harta benda
c. Nama baik
d. Kesempatan mendapatkan pendidikan
e. Kesempatan mendapatkan pasangan
31. Salah satu lembaga swadaya
masyarakat/organisasi non pemerintah yang bergerak dalam bidang
pemberantasan korupsi di Indonesia adalah....
a. KONTRAS
b. GERAM
c. FORKOT
d. ELSAM
e. TII
32. Kegiatan pemberantasan korupsi yang
dilakukan oleh organisasi anti korupsi (LSM/ONP) sampai saat ini belum memenuhi
harapan. Salah satu penyebabnya adalah....
a. Pemerintah selalu mencurigai usaha LSM/ONP
b. LSM?Ornop yang sejenis tidak bersatu
c. LSM/Ornop tidak berwenang memeriksa aparat secara langsung
d. Kegiatan LSM/Ornop dibiayai pemerintah sehingga tidak bebas
e. LSM/Ornop dikelola oleh orang yang itu-itu saja
33. Berikut ini yang bukan peran serta
masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi adalah....
a. Hak mencari, memperoleh dan memberikan informasi dugaan korupsi
b. Hak memperoleh pelayanan dalam mencari, memperoleh dan memberitahukan informasi
c. Hak menyampaikan saran dan pendapat secara bertanggung jawab
d. Hak interpelasi terhadap suatu perkara korupsi
e. Hak untuk mendapatkan perlindungan
34. Salah satu usaha pemberantasan korupsi
yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas adalah....
a. Penangkapan koruptor kelas kakap
b. Penyebarluaskan foto kpruptor melalui televisi
c. Hukuman penjara seumur hidup bagi koruptor
d. Penghapusan pungutan-pungutan liar aparat pemerintahan terhadap warga
e. Penindakan terhadap permasalahan yang merugikan keuangan Negara
35. Di bawah ini divisi atau departemen dalam
perusahaan yang paling berpeluang terjadinya tindak korupsi adalah....
a. Sumber daya manusia
b. Penelitian dan pengembangan
c. Urusan umum
d. Akunting
e. Teknologi informasi
36. Salah satu contoh kegiatan korupsi
adalah....
a. Pemberian uang pelicin agar lebih diprioritaskan daripada orang lain
b. Pemindahan uang dari rekening orang lain ke dalam rekening pribadi
c. Pemberian hadiah uang terhadap karyawan atau pihak yang berprestasi
d. Peningkatan iuran pendapatan dari tahun ke tahun
e. Penghentian pembayaran gaji karyawan
37. Hak-hak asasi manusia dapat dibagi atas
mempertahankan diri (self preservation), hak kemerdekaan
(independence), hak persamaan pendapat (eguality), hak untuk dihargai (respet), dan hak bergaul sesama manusia (intercourse). Pembagian tersebut menurut....
a. Brieply
b. Aristoteles
c. J.J. Rousseau
d. John Locke
e. Montesquieu
38. Dalam asal mula pencetusan mengenai ide
untuk melindungi melindungi hak asasi manusia terdapat larangan hukum, menahan
dan merampas benda dengan sewenang-wenang. Larangan tersebut tercantum
dalam....
a. Bill of Rights
b. Magna Charta Libertatum
c. Konvensi hak-hak anak
d. Habeas Corpus Act
e. Deklarasi Universal HAM
39. Setiap individu (warga Negara) mempunyai
hak asasi yaitu salah satunya hak untuk dilindungi dalam
keadaaan normal atau disebut juga....
a. Diragable Rights
b. By Omission
c. Duham
d. By Comision
e. Non dcragable rights
40. Dalam UU No. 39 Tahun1999 tentang HAM
lebih mengedepankan tanggung jawab perlindungan (protect), pemajuan (Promote),
penghormatan (Respect) dan....
a. Kesejahteraan
b. Penegasan
c. Penegakan
d. Pemenuhan
e. Kesetiaan
41. Hak asasi manusia yang menyangkut hak
hidup dan hak memiliki sesuatu tidak boleh diganggu gugat karena....
a. Sudah dibawa sejak lahir
b. Merupakan eksistensi manusia
c. Diturunkan dari orang tua
d. Dibawa sejak lahir sebagai anugerah tuhan
e. Bersifat sangat pribadi
42. Hak untuk memiliki sesuatu, hak atas
pekerjaan dan hak atas penghidupan yang layak adalah hak
asasi manusia bidang....
a. Ekonomi
b. Budaya
c. Politik
d. Hukum
e. Sosial
43. Salah satu bentuk diskriminasi adalah
apartheid. Apartheid didasarkan pada....
a. Agama yang dianut
b. Suku
c. Bahasa
d. Ras
e. Warna kulit
44. Kejahatan/pelanggaran berat HAM yang
terjadi di Bosnia bermotif....
a. Diskriminasi terhadap perempuan
b. Penguasaan bidang ekonomi pada etnis tertentu
c. Kecurangan pemilu
d. Pembantaian etnis
e. Perang saudara
45. Suatu usaha pemusnahan suatu etnis,
golongan bangsa, kelompok atau agama tertentu disebut....
a. Rasialisme
b. Apartheid
c. Komunisme
d. Genosida
e. Diskriminasi
46. Berikut ini yang bukan tujuan Negara
berdasarkan Pembukaan UUD 1945 telah menjamin hak asasi manusia yang terdapat
dalam alinea keempat adalah....
a. Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa
b. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
c. Memajukan kesejahteraan umum
d. Mencerdaskan kehidupan bangsa
e. Ikut melaksanakan ketertiban manusia
47. Salah satu lembaga yang dibentuk oleh
pemerintah untuk menangani persoalan-persoalan hak asasi manusia di Indonesia
adalah....
a. Ambusman b. Bantuan hukum
c. Komnas HAM
d. Pengadilan HAM
e. Persatuan dokter Indonesia
48. Berikut ini yang bukan merupakan
instrument HAM yang dimiliki Negara Republik Indonesia adalah....
a. KUHP
b. UU No.39 Tahun 1999
c. UUD 1945
d. Pancasila
e. Tap MPR No.XVII/MPR/1999
49. Salah satu Negara yang pernah mengalami
politik apartheid selama bertahun-tahun adalah....
a. Bosnia
b. Afrika Selatan
c. Serbia
d. Jerman
e. Palestina
50. Proses peradilan HAM internasional harus
mengacu pada....
a. Declaration of Human Rights
b. Declaration of Rights
c. International Criminal Courts
d. Charter for Peace
e. Bill of Rights an Justicen
itulah contoh soal Penilaian Akhir Semester
(PAS) Ganjil Mata Pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan Kelas 10 SMA/SMK/MA,
semoga dapat bermanfaat.
Silanglah huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang benar !
guna mempertinggi kualitas hidupnya adalah....
a. Intuisi
b. Akal
c. Pikiran
d. Perasaan
e. Keyakinan
a. Aristoteles
b. Hans kohn
c. Otto Bauer
d. Karl Renner
e. Ernest Renan
a. Rakyat
b. Wilayah
c. Konstitusi
d. Pengakuan dari Negara lain
e. Pemerintahan yang berdaulat
a. Laut territorial
b. Zona bersebelahan
c. Zona ekonomi ekslusif (ZEE)
d. Landasan kontinen
e. Landasan benua
a. Kerajaan – suku – Negara demokrasi – Negara nasional
b. Kerajaan – suku – Negara nasional – Negara demokrasi
c. Suku – kerajaan – Negara demokrasi – Negara nasional
d. Suku – kerajaan – Negara nasional – Negara demokrasi
e. Suku – Negara nasional – kerajaan – Negara demokrasi
a. Kepala Negara dipilih dari rakyat dan bertanggung jawab kepada rakyat
b. Kepala Negara memiliki hak veto
c. Tiap propinsi memiliki undang-undang dasar sendiri
d. Negara tidak berdaulat
e. Negara memiliki satu UUD, kepala Negara, dewan menteri dan DPR
a. Kesatuan
b. Serikat
c. Kerajaan
d. protektorat
e. Mandat
a. Melaksanakan penertiban
b. Mengusahakan kesejahteraan
c. Pertahanan
d. Menegakkan keadilan
e. Mencapai kekuasaan
a. R. Djoko Soetono
b. Mr. Kranenburg
c. Mr. Soenarko
d. George Jellinek
e. George Wilhilm
a. Mr. Kranenburg
b. John Locke
c. Immanuel Kant
d. Machiavelli
e. Thomas Hobbes
a. Sosialisme
b. Fasisme
c. Integralistik
d. Kapitalisme
e. Komunisme
a. Alinea II Pembukaan UUD 1945
b. Alinea IV Pembukaan UUD 1945
c. Tap MPR No IV/MPR/1999
d. Tap MPR No IV/MPR/2001
e. RPJM Nasional 2004-2009
a. Menikmati hasil pembangunan dengan baik
b. Menuntut kewajiban setelah melaksanakan hak
c. Menerima kegagalan sebagai nasib yang buruk
d. Ikut memelihara prasarana sekolah dengan baik
e. Membela kawannya yang mendapat hukuman
a. Peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan di masyarakat
b. Peraturan itu diadakan oleh badan hukum resmi yang berwajib
c. Peraturan tersebut bersifat memaksa dan mengikat
d. Sanksi terhadap pelanggaran tersebut adalah tegas
e. Peraturan tersebut dibuat oleh masyarakat setempat
a. H.T. Simorangkir, SH
b. Aristoteles
c. S.M Amin, SH
d. Woerjono Sastropranoto, SH
e. Van Apeldoorn
a. Sumbernya
b. Bentuknya
c. Isinya
d. Masa berlakunya
e. Tempat berlakunya
a. Doktrin
b. Undang-Undang
c. Traktat
d. Kebiasaan
e. Yurisprudensi
a. Acara Perdata
b. Publik
c. Undang-Undang
d. Privat
e. Acara Pidana
a. Hukum masa depan
b. Ius constitutum
c. Hukum waktu ke waktu
d. Ius constituendum
e. hukum antar waktu
a. Peradilan Militer
b. Peradilan Umum c. Peradilan Tata Usaha Negara
d. Peradilan Masyarakat
e. Peradilan Agama
a. Pengadilan Negeri
b. Mahkamah Konstitusi
c. Pengadilan Tinggi
d. Komisi Yudisial
e. Mahkamah Agung
a. Kewedanaan
b. Kecamatan
c. Keresidenan
d. Kabupaten/kota
e. Propinsi
a. Hakim
b. Jaksa
c. Polisi
d. Juru sita
e. Pembela
a. Mahkamah Agung
b. Pengadilan Tinggi
c. KPU (Komisi Pemilihan Umum)
d. Pengadilan Negeri
e. Mahkamah Konstitusi
a. Tersangka
b. Pembela
c. Terdakwa
d. Penyidik
e. Saksi
a. Menuntut orang yang melanggar hukum
b. Tidak mau menjadi saksi di pengadilan
c. Mengeroyok pencopet yang tertangkap supaya jera
d. Menangkap pencuri dan menyerahkan ke polisi
e. Melaporkan orang yang melanggar hukum
a. Siap menjadi saksi
b. Menjaga ketertiban bersama e. Tidak membuat keributan
c. Tidak main hakim sendiri
d. Memberikan kesaksian palsu
d. Memberikan kesaksian palsu
a. Kepastian hukum
b. Manfaat hukum
c. Ketertiban hukum
d. Fungsi hukum
e. Kesamaan hukum
a. Perampasan barang
b. Penjara
c. Pencabutan jabatan
d. Pancabutan hak-hak tertentu
e. Ganti kerugian
a. Diri dan keluarga
b. Harta benda
c. Nama baik
d. Kesempatan mendapatkan pendidikan
e. Kesempatan mendapatkan pasangan
pemberantasan korupsi di Indonesia adalah....
a. KONTRAS
b. GERAM
c. FORKOT
d. ELSAM
e. TII
a. Pemerintah selalu mencurigai usaha LSM/ONP
b. LSM?Ornop yang sejenis tidak bersatu
c. LSM/Ornop tidak berwenang memeriksa aparat secara langsung
d. Kegiatan LSM/Ornop dibiayai pemerintah sehingga tidak bebas
e. LSM/Ornop dikelola oleh orang yang itu-itu saja
a. Hak mencari, memperoleh dan memberikan informasi dugaan korupsi
b. Hak memperoleh pelayanan dalam mencari, memperoleh dan memberitahukan informasi
c. Hak menyampaikan saran dan pendapat secara bertanggung jawab
d. Hak interpelasi terhadap suatu perkara korupsi
e. Hak untuk mendapatkan perlindungan
a. Penangkapan koruptor kelas kakap
b. Penyebarluaskan foto kpruptor melalui televisi
c. Hukuman penjara seumur hidup bagi koruptor
d. Penghapusan pungutan-pungutan liar aparat pemerintahan terhadap warga
e. Penindakan terhadap permasalahan yang merugikan keuangan Negara
a. Sumber daya manusia
b. Penelitian dan pengembangan
c. Urusan umum
d. Akunting
e. Teknologi informasi
a. Pemberian uang pelicin agar lebih diprioritaskan daripada orang lain
b. Pemindahan uang dari rekening orang lain ke dalam rekening pribadi
c. Pemberian hadiah uang terhadap karyawan atau pihak yang berprestasi
d. Peningkatan iuran pendapatan dari tahun ke tahun
e. Penghentian pembayaran gaji karyawan
(independence), hak persamaan pendapat (eguality), hak untuk dihargai (respet), dan hak bergaul sesama manusia (intercourse). Pembagian tersebut menurut....
a. Brieply
b. Aristoteles
c. J.J. Rousseau
d. John Locke
e. Montesquieu
a. Bill of Rights
b. Magna Charta Libertatum
c. Konvensi hak-hak anak
d. Habeas Corpus Act
e. Deklarasi Universal HAM
keadaaan normal atau disebut juga....
a. Diragable Rights
b. By Omission
c. Duham
d. By Comision
e. Non dcragable rights
a. Kesejahteraan
b. Penegasan
c. Penegakan
d. Pemenuhan
e. Kesetiaan
a. Sudah dibawa sejak lahir
b. Merupakan eksistensi manusia
c. Diturunkan dari orang tua
d. Dibawa sejak lahir sebagai anugerah tuhan
e. Bersifat sangat pribadi
asasi manusia bidang....
a. Ekonomi
b. Budaya
c. Politik
d. Hukum
e. Sosial
a. Agama yang dianut
b. Suku
c. Bahasa
d. Ras
e. Warna kulit
a. Diskriminasi terhadap perempuan
b. Penguasaan bidang ekonomi pada etnis tertentu
c. Kecurangan pemilu
d. Pembantaian etnis
e. Perang saudara
a. Rasialisme
b. Apartheid
c. Komunisme
d. Genosida
e. Diskriminasi
a. Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa
b. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
c. Memajukan kesejahteraan umum
d. Mencerdaskan kehidupan bangsa
e. Ikut melaksanakan ketertiban manusia
a. Ambusman b. Bantuan hukum
c. Komnas HAM
d. Pengadilan HAM
e. Persatuan dokter Indonesia
a. KUHP
b. UU No.39 Tahun 1999
c. UUD 1945
d. Pancasila
e. Tap MPR No.XVII/MPR/1999
a. Bosnia
b. Afrika Selatan
c. Serbia
d. Jerman
e. Palestina
a. Declaration of Human Rights
b. Declaration of Rights
c. International Criminal Courts
d. Charter for Peace
e. Bill of Rights an Justicen
Post a Comment for "Contoh Soal PAS/UAS Ganjil Mapel PKn Kelas X SMA/SMK"